Air Terjun Lubuak Bulan , 50 Kota Sumbar

lubuak-bulan

Source video = https://youtu.be/yLA1luus2TM

Air Terjun Lubuak Bulan | credit: Anak Anak Minang

Satu lagi keindahan alam Minangkabau yang tersembunyi, terletak di Jorong Koto Tinggi, Kabupaten 50 Kota Sumatera Barat.

Ini adalah Air terjun yang tidak diketahui kemana aliran air selepas jatuh dari ketinggian? Percayalah, ini bukanlah mengada-ada.

Bila anda tidak percaya, angkat ransel, bawa bekal secukupnya, mari seharian kita datangi anugerah Tuhan pada alam yang terletak di belantara hutan Jorong Kototinggi Kubang Balambak, Kenagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Limapuluh Kota ini.

Hanya buat sanak yang bernyali besar. Berikut rute perjalanannya.

Berangkat dari pusat keramaian pasar tradisional di Kecamatan Mungka, dengan jarak 10 kilometer. Sepanjang perjalanan anda akan dapati hamparan sawah yang luas, kolam-kolam ikan, dan tentunya ratusan kandang ayam petelur yang jadi mata pencaharian sebagian besar warga Kenagarian Mungka.

Kemudian selepas jalan aspal, anda mulai memasuki ruas jalan hotmix. Namun, setelah habis ruas jalan itu, saatnya untuk menapaki punggung bukit yang terjal. Maka, diperlukan nyali besar dan ketangkasan bermotor untuk menempuh jalan tanah yang menanjak, berliku di tebing yang curam. Tapi, setelah sampai di punggung bukit ini, anda bisa berehat di pasanggrahan.
.
Lanjutkan perjalanan hingga sampai di pemukiman masyarakat jorong Kototinggi, perjalanan dengan motor terpaksa harus dicukupkan. Sebab, kita terpaksa akan meneruskan perjalanan dengan jalan kaki. Tapi jangan khawatir dulu, sebab meniti hutan yang masih perawan ini sungguh menimbulkan sensasi yang menakjubkan pula. Di kiri-kanan jalan setapak dibawah pohon-pohon yang menjulang tinggi anda akan temui berbagai tumbuhan hutan yang melenakan mata. Antara dua hutan, anda akan disuguhi ratusan hektar hamparan tanaman gambir.

Sehabis membelah ladang gambir kembali masuk belantara pepohonan. Bersiaplah, kita akan menuruni tebing yang curam dan berundak-undak untuk menuju kaki lembah. Belum sampai di lokasi, suara gemuruh air terjun sudah membahana ke telinga. Tidak cukup dua menit, anda akan sampai.

Itulah Aia Tajun Lubuak Bulan (Air Terjun Lubuak Bulan). Air terjun yang berkemungkinan muncul dari patahan bumi di tengah hutan belantara. Sungguh sebuah pemandangan yang eksotis dengan sedikit rasa yang purba.

Di punggung tebing bagian dalam air terjun, terdapat gua yang terbentuk dari patahan lapisan bebatuan. Dari dalam gua tersebut anda dapat menyaksikan air terjun mengucur seumpama selendang bidadari yang menjuntai ke bumi. Sesampai ke bumi selendang air itu menghilang entah kemana.

Bila sampai di hadapan air terjun ini, percaya atau tidak, kita seperti ditawan perasaan untuk tidak meninggalkan tempat itu. Di bawah guanya yang sejuk, anda bisa menghampar tikar atau mendirikan tenda, berkemping menghabiskan hari. (haluan)

Leave a Reply

Next Post

Wisata Air Terjun Baburai Di Nagari Sikucur

Thu Jan 1 , 2015
source video https://youtu.be/M0t0mqzDVDM foto: @masdianto17 Memanfaatkan waktu libur  akan terasa nyaman dan asyik apa bila bertamasya ke objek wisata alam yg indah dan alami. Adalah Air Terjun Baburai, sebuah objek wisata alam yang terdapat di Korong Alahan Tabek, Nagari Sikucur, Kec V Koto Kp Dalam, Kabupaten Padang Pariaman Sumbar. Lokasi […]

You May Like